Memilih Tour Organizer Untuk Liburan Anda Ke Pulau Tidung
August 1, 2017
Show all

Selain pemandangan pantainya yang menakjubkan, obyek wisata Pulau Pari juga populer dengan aktivitas wisata snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Spot-spot snorkeling di kawasan tujuan wisata ini memang merupakan kawasan konservasi, selain lokasi budidaya hutan mangrove di dekatnya, sehingga pengunjung dapat menikmati kecantikan terumbu karang serta berbagai biota laut yang berhabitat di sekitarnya yang tetap lestari. Upaya pelestarian lingkungan laut ini merupakan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat setempat yang tentunya harus diapresiasi.

Kecantikan spot snorkeling Pulau Pari

Berpetualang di spot snorkeling Pulau Pari Anda akan menemukan deretan terumbu karang berwarna-warni sebagai rumah ikan-ikan dan satwa laut lainnya. Pasti akan seru sekali snorkeling di perairan jernih sambil bercengkrama dengan ikan-ikan cantik berbagai jenis mulai dari si Nemo ikan badut, ikan bidadari, ikan ekor kuning, ikan baronang, serta ikan kupu-kupu.

Bila beruntung Anda mungkin bisa bertemu dengan penyu sisik atau penyu hijau yang sudah terancam kepunahan. Perlu diketahui bahwa beberapa kawasan di Kepulauan Seribu juga merupakan kawasan konservasi satwa langka tersebut dengan kegiatan rutin pelepas-liaran anak-anak penyu (tukik) ke lautan. Baca Paket Pulau Pari 

Waktu ideal untuk snorkeling adalah setelah makan siang, yaitu antara pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Bagi mereka yang baru pertama kali melakukan aktivitas ini diwajibkan untuk didampingi pemandu selam untuk menjaga keselamatan Anda.Selain itu pemandu  berpengalaman pasti sudah hafal spot-spot snorkeling atau diving Pulau Pari yang cantik untuk Anda.

Peralatan yang digunakan untuk snorkeling adalah masker, snorkel, pakaian renang yang nyaman, dan kaki katak. Pastikan bahwa sepatu katak sesuai ukuran kaki dan cukup lentur. Cek snorkel Anda untuk memeriksa kebocoran agar tidak mengurangi kenyamanan. Masker harus dipasang pas pada wajah, tanpa terlalu ketat atau longgar. Anda juga bisa mengenakan topi renang atau cap agar rambut Anda terlindung dari air laut yang mengandung garam. Perlengkapan lainnya adalah earplug yang menjaga agar telinga Anda tak kemasukan air.

Yang harus diketahui sebelum snorkeling ke Pulau Pari

Bagi para pemula inilah  beberapa hal yang perlu diketahui agar acara snorkeling tetap seru sekaligus aman untuk Anda.

  • Jangan terpisah terlalu jauh dari rombongan sehingga harus selalu waspada walaupun asyik menikmati pemandangan di bawah laut.
  • Sebelum masuk ke air berlatihlah terlebih dahulu bernapas dengan snorkel dan saat mencobanya di dalam air tetaplah tenang dan berusaha untuk tidak
  • Posisikan tubuh telungkup dengan mulai mengangkat kaki dari dasar air kemudian pelan-pelan lakukan gerakan renang gaya bebas dengan membuka kaki dan tangan lebar-lebar. Cobalah mengapung dengan santai dan seimbangkan tubuh Anda.
  • Tetaplah berhati-hati walaupun sedang menikmati pemandangan. Jangan menginjak karang atau bulu babi, jangan terpisah dari rombongan, perhatikan kondisi dan hindari arus yang kencang yang bisa membuat Anda terseret.
  • Jangan panic bila air masuk ke snorkel Anda. Ini adalah hal yang normal dan Anda tak perlu naik ke permukaan untuk menghilangkan airnya. Cukup tarik napas panjang lalu hembuskan kuat-kuat sehingga air terbuang dari corong snorkel.
  • Agar kelestarian alam laut Pulau Pari tetap terjaga, saat snorkeling jangan sampai merusak atau mencoret-coret terumbu karang, mengambil apa pun dari laut, atau membuang sampah sembarangan. Perhatikan pose atau lokasi bila Anda ingin berfoto di bawah laut agar tak merusak benda-benda di sekitar atau mengganggu hewan-hewan di sana.

 

Nah, tak sulit, bukan?

Comments are closed.